untuk membuka pemikiran "kalo mau belajar jangan tanggung" dikutip dari catatan tetangga forum

Posted Posted by vjnet in Comments 0 komentar

Berawal dari baca posting di forum tetangga kemudian ada sdikit perdebatan yang kayaknya bagus juga buat mengubah pikiran ... masalah XAMPP yg banyak masalah ini itu di dalam local host ... dari pembicaraan para neter tersebut gw malah berfikir nih jawaban bener dah secara logic.. yg intinya "ngapaen belajar tanggung"
berikut pembahasannya 
PERNYATAAN
iya betul Gan, saya kira judulnya kurang tepat.. lagi pula, Appserv dan xampp klo untuk development dan debugging jg gada masalah.. yang saya tau, banyaknya masalah di appserv dan xampp itu karena mereka melakukan sesuatu tidak sesuai prosedur.. dan tentu saja, bukan berarti posting Trit ini tidak akan ada masalah kedepannya, klo aGan magic yang gunakan, masalah sekecil apapun pasti bisa diatasi, blm tentu orang lain..yang paling penting, selama ada masalah dan terselesaikan, mereka jadi belajar..tanpa belajar dari masalah atau bugs, aGan Magico juga gkan bisa sampai seperti ini..
JAWABAN SANGGAHAN

BTW, thanks for GREAT Thread..
saya suka Tutornya, maju terus.. Smile Masalahnya, sekarang masalah yang sekarang dihadapi bukan masalah yang perlu dihadapi. Agan nantinya akan diinstall di linux kan? production server juga linux kan? Ga mungkin production server pake Xampp kan? Lagipula ga ada web server PHP di internet yang pake windows.
Jadi apa yang agan pecahkan? Apa yang agan pelajari? Ga ada gan. Kalau memang agan ingin belajar dengan PHP, pelajarilah dengan Linux, karena PHP adanya di Linux, bukan di windows.

Ibarat ikan, kalau agan suruh berjalan di darat ya bingung dia. Tapi bukan berarti di air dia ga ada masalah. Tetapi yang namanya ikan buat apa dia belajar berjalan di darat?

Mengapa ane lebih suka VM?
1. Menggambarkan production environment yang sesungguhnya. Kalau di komputer agan jalan, di VM ane ga jalan, bisa dipastikan waktu deploy juga ga jalan. Dan agan akan kelimpungan cari masalahnya dimana
2. Tidak mengganggu komputer agan. Kalau agan mau matikan, shutdown aja linuxnya, beres toh? Windows agan tetap berjalan. Bahkan setelah windows agan format ulang pun VM ini akan tetap jalan seperti tidak ada apa apa, beserta seluruh project agan di dalamnya. Asal file virtual hard disk-nya ga kedelete aja. Agan tidak perlu install Xampp, Wamp, dsb untuk melanjutkan coding. Cukup boot VM-nya, and that's it. Semua sudah disana.
3. Bebas masalah. Ke depannya juga tidak akan ada masalah. Karena ini adalah VM, bukan komputer agan. Kalau agan takut masalah, buat snapshot. Nanti setelah agan otak atik dan bermasalah, bisa dirollback kok hard disk-nya. Toh pakenya VM ini kan?
4. Bisa multiple project, dengan beberapa config berbeda. Agan buat project untuk A, dan kemudian project untuk B. Di VM, agan tinggal buat clone saja kan?
5. Windows agan bersih dari tetek bengek mysql php dsb-nya itu. Hanya sebuah VirtualBox yang bisa dishutdown kapanpun agan ga pake. Ga ada service, ga ada port, ga ada bentrok, ga ada memory leak, ga ada process.
6. Kalau client agan minta jalan di 2 server, database dan web server terpisah, agan bisa simulasikan dengan komputer agan sendiri? Atau agan beli komputer 1 lagi? Dengan VM, ane bisa simulasikan 10 komputer dalam 1 jaringan, hanya dengan 1 buah komputer ane. Ga jalan? Ga perlu puter puter.. alt-tab aja buat pindah komputer

Nah, agan sendiri bilang ga sesuai prosedur. Prosedur apa gan? Namanya PHP kalo jalan under FPM ya sudah di port 9000. Kalau http di port 80, kalau mysql di port 3306. Itu sudah habitat mereka. Kalau ada yang bentrok, bukan salah mereka, itu salah environment agan. Karena di linux, mereka biasa berada di sana, dan bekerja dengan socket.

Sorry gan, agan bilang main install next next next. Mereka masih next next. Ane cuman main pencet enter gan. Sekali pencet malah. Ane cukup ketik
Code:
apt-get install nginx php5-fpm php-apc php5-ffmpeg php5-memcached mysql-server
Dan mereka akan diinstall ke port native mereka. Tidak ada bentrok, tidak ada ga jalan, tidak ada error. It's just works. Hanya sebuah tombol enter.

Artinya? Kalau ada orang yang maksain ikan jalan di darat, siapa yang bego?
Banyak programmer jago disini pusing jalanin Xampp di windows. Tapi apakah agan pernah lihat ada admin, yang ga ngerti programming, ga ngerti port, ga ngerti naxt next naxt next, tapi complain php/apache ga jalan di linux? pernah ga ada webmaster complain dia install php di server dia ga jalan?
Jangan suka cari masalah yang ga ada gan.
Comments

0 komentar: