Multi tester darurat sebagai alat pengukur jalur kabel yg putus

Posted Posted by vjnet in Comments 0 komentar

dari judulnya seram kan darurat hahahahaa... begini ceritanya, beberapa minggu yg lalu multitester digital gw di pinjem temen lumayan lama belum balik mau di ambil tapi males keluar rumah, kebetulan gw cuma mau gunakan itu alat untuk ngecek jalur kabel aja, ...putus apa kagak.

muter muter di rumah terlihatlah sebuah korek api gas yg ada senternya dan isinya pun udah abis ... tapi lampu LED nya masih terang krn jarang di pake . dari sanalah timbul ide membuat alat detektor jalur kabel ...(sok keren amat bahasanya) ini penampakan koreknya gw comot dari google




didalam korek itu ada 1 led dan 3 biji batre jam kecil, komponen itulah yang gw ambil sebgai mesin utama detektor... tapi krn led nya putih gw ga sreet jadi gantilah sama LED bekas alat di hp casan mobil karen warnanya merah memudahkan untuk di lihat saat siang hari

nah casan mobil ini juga yg nantinya gw modifikasi sebagai casing dari komponen tersebut

rangakiannnya sangatlah sederhana bisa di katakan tidak mengubah susunan dari korek gas tersebut hanya di bagian on-off  di solder  dengan kabel dan kawat NGA (kawat tembaga) sebgai jarum detektor nya

secara garis besar susunan rangkaan sebagai berikut

Ket
1. Batre isi dalam korek api gas senter
2 lampu LED
3 carger/casan hp untuk mobil

dari gambar diatas jelas terlihat bahwa no 3 bisa kita katakan sebagai saklar nah bagian inilah yang nantinya sebagi alat detektor jalur yg putus, jika lampu tidak menyala berarti kabel tersebut ada kemungkinan putus di dalam dan begitu sebaliknya .

untuk penampakan alat gw yg sederhana tapi berguna dbawah ini
 






































 





possi tidak terhubung kabel
Comments